Info Pentas PAI Jabar 2011

Posted on Updated on

INFO PENTAS PAI TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT

TAHUN 2011

Kawan-kawan Guru PAI SMA/SMK Kabupaten Bogor, Kamis yang lalu tanggal 5 Mei 2011 saya megikuti rapat panitia Pentas PAI tingkat Jawa Barat di Kanwil Kemenag, Bandung.  Dihadiri pengurus inti MGMP PAI SMA dan MGMP PAI SMK, pengurus DPW  AGPAII Jabar dan hadir pula Sekjen DPP AGPAII; Mahnan Marbawi,MA. Penulis hadir dalam kapasitas sebagai Waka MGMP PAI SMA Jabar.

Beberapa point penting yang dihasilkan dalam rapat tersebut, sebagai berikut :

  1. Pentas PAI SMA/SMK tingkat provinsi akan di gelar pada hari Sabtu-Ahad tanggal 28,29 Mei 2011 di Bandung Barat.
  2. Pentas ini rencananya akan merupakan gabungan antara Pentas PAI SMP dengan Pentas PAI SMA/SMK. Agar syiarnya lebih Nampak. Sementara Pentas PAI SD sudah selesai pada April lalu oleh KKG PAI Jabar.
  3. Mata lomba Pentas PAI SMA/SMK terdiri dari 3 mata lomba, yaitu 2 mata lomba nasional : Nasyid dan Khutbah Jum’at dan 1 mata lomba khas Jawa Barat; yaitu Olimpiade PAI.
  4. Olimpiade PAI berbentuk menjawab soal Pilihan Ganda dengan jumlah soal dan waktu tertentu. Tahap selanjutnya peserta melakukan presentasi tentang tema PAI di hadapan juri. Baru kemudian dipilih peserta dengan nilai tertinggi sebagai juara. Namun karena Olimpiade ini baru pertama kali akan digelar, maka kegiatannya hanya menjawab soal PG dengan pemeriksaan secara scanning. Peserta didik yang memperoleh nilai tertinggi akan dinyatakan sebagai juara.
  5. Seluruh Kabupaten/Kota di Jabar (ada 26) diharapkan mengirimkan kafilahnya pada Pentas ini. Setiap kab/kota diminta dana partisipasi sebesar Rp 750.000. Karena bantuan dari Kanwil diperkirakan tidak akan cukup untuk meng-cover seluruh mata kegiatan.

Info lain diluar isu Pentas PAI sebagai berikut :

  1. Daftar sertifikasi guru PAI tahun 2011 akan segera turun dari pusat. Moga bulan-bulan ini benar-benar turun. Bentuk sertifikasi tahun berbeda dengan tahun lalu. Yakni mengikuti Diklat /PLPG bukan penilaian portopolio.
  2. Seluruh guru yang telah lulus sertifikasi agar segera membuat Nomor Register Guru (NRG) melalui kantor Kemenag, Karena NRG menjadi syarat penting turunnya tunjangan sertifikasi.
  3. Guru PAI agar mewaspadai paham-paham menyimpang yang sekarang menjadi sorotan media, seperti radikalisme, terorisme, NII dll. Mohon berhati terhadap kegiatan siswa di luar kelas, baik pada kegiatan ekstra kurikuler, Rohis maupun kegiatan outdoor laiinya.
  4. Kanwil Kemenag Jabar akan segera mengadakan seleksi Lomba Kreasi Pembelajaran PAI  bagi guru PAI SD,SMP dan SMA/SMK.

Demikian info ini dibuat untuk diketahui seperlunya.

Penulis,

Ijen Zainal Abidin

One thought on “Info Pentas PAI Jabar 2011

    gpaijawabarat said:
    Mei 27, 2011 pukul 4:38 pm

    kang ada berita urgent dari kemenag tentang pendataan gpai sd,smp, sma,smk yang belum kualifikasi s1, dapat menghubungi pengurus mgmp pai, kkg pai terdekat atau mapenda islam kemenag kabupaten bogor.
    oleh ruhyana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s